Cara Mempelajari Ilmu Dasar Bermain Piano

Cara Mempelajari Ilmu Dasar Bermain PianoPiano adalah salah satu alat musik yang menarik dan menyenangkan. Akan tetapi alat musik ini merupakan yang paling sulit di pelajari jika tidak mengikuti les piano. Maka dari itu di sini saya akan berbagi pengetahuan supaya anda bisa bermain piano secara otodidak.

Cara Mempelajari Ilmu Dasar Bermain Piano

1. Pelajari beberapa tuts dalam piano.

Tuts Dasar Piano
Tuts Dasar Piano

Dalam permainan piano terdapat 88 tus dalam piano. Tuts piano hitam biasanya diberi nama accidental karena menghasilkan nada tajam / datar saat ditekan. Tuts piano putih dinamakan natural karena menghasilkan nada alami saat ditekan.

  • Terdapat 5 accidental per oktaf dan kelimanya dapat berupa nada tajam atau datar.
  • Pelajari nama-nama paranada tangan kiri dan tangan kanan: kunci bas dan kunci trebel.
  • Terdapat 7 natural pada piano yaitu: C-D-E-F-G-A-B

2. Pelajari nada dalam piano.

Nada dalam piano
Nada dalam piano

Setelah anda mempelajari tuts dalam piano, tahap selanjutnya adalah mempelajari lokasi nada piano, suara yang dihasilkannya, dan cara nada ditulis di buku.

Dengan begitu, Anda dapat membuat kartu contekan yang akan membantu mengidentifikasi nada. Anda bisa membeli sebuah sticker kecil untuk ditempelkan di tuts piano.

  • Biasakan diri dahulu dengan nada umum yaitu akor di mayor. Jika sudah menguasai baru lanjutkan dengan akor di minor.

3. Gunakan buku petunjuk.

Buku Panduan Piano
Buku Panduan Piano

Setelah anda belajar tuts dan nada, ada baiknya belajarlah lewat buku. Terdapat banyak buku piano yang dijual di toko musik atau toko buku seperti gra****ia yang dapat membantu anda untuk mempelajari cara membaca musik, nada tangga dasar dan pergerakan tangan.

  • Manfaatkan video YouTube juga berguna untuk belajar. Jika anda lebih menyukai belajar secara visual, media ini akan sangat cocok karena Anda dapat melihat cara bermain musik yang dimainkan dengan benar.

4. Berlatih memainkan tangga nada.

Tangga Nada Mayor dan Minor
Tangga Nada Mayor dan Minor

Memainkan tangga nada dapat membantu Anda membiasakan diri dengan nada-nada dan suara yang dihasilkan. Jika Anda mempelajari cara sight read (memainkan lagu tanpa membacanya terlebih dahulu).

Hal ini akan sangat membantu anda dalam mempelajari lokasi nada berada dan rupanya pada paranada. Mainkan tangga nada per satu tangan, kemudian coba mainkan bersama-sama.

5. Sering Berlatih Menjadi Kunci Sukses Utama.

Belajar Piano
Belajar Piano

Belajar bermain piano juga tidak bisa setengah-setengah dan terburu-buru karena bermain piano sangat membutuhkan banyak latihan. Mainkan setiap hari, biasakan untuk menghapal nada sampai di luar kepala anda. Setelah itu jadwalkan latihan sebanyak 3-4 kali seminggu selama setengah jam. Jangan suka menunda-nunda jika belum menguasainya dengan tuntas.

Demikianlah artikel untuk belajar dasar bermain piano ini selesai. Semoga bermanfaat buat anda yang sedang mau mencoba belajar bermain piano.

Saya selaku penulis meminta maaf jika terjadi kesalahan kata-kata atau kata yang berantakan. sampai jumpa di artikel selanjutnya.

cara bermain piano, cara cepat bermain piano buat pemula, trik bermain piano dengan mudah, tips bermain piano, panduan bermain piano buat begginer

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!